PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Biaya Nikah Sederhana Budget Kurang dari Rp 50 Juta, Penasaran ?

51783568_2059304394185359_5046982212302405632_n

Pernikahan yang sakral dan bermakna gak harus habiskan ratusan juta. Sah-sah saja jika kamu punya cukup uang untuk bikin pesta pernikahan yang megah dan meriah dengan bujet tinggi. Tapi, kalau bujetmu saat ini sebesar Rp 50 juta, pesta pernikahan yang eksklusif juga bisa kamu wujudkan kok.

Nah, biar gak galau lagi, ini rincian biaya pernikahan sederhana bujet Rp 50 juta yang bisa jadi referensimu.

1. Tempat dan dekorasi

Alokasikan sekitar 30 persen untuk venue dan dekorasi pernikahan atau sekitar Rp 15 juta.

Jika mau hemat, kamu bisa memilih balai pertemuan warga, balai serbaguna, atau aula sekolah. Tempat-tempat tersebut bertarif maksimal Rp 5 juta.

Nah untuk dekorasi, carilah yang minimalis namun tetap elegan. Sebagai survey awal, kamu bisa mencari melalui akun Instagram seperti akun Kimikaya decoration atau Rona Pagi

2. Catering

Bujet Catering pernikahan di Jakarta sangat tergantung dengan jumlah tamu yang kamu undang. Untuk bisa tetap on budget alokasikan maksimal 30 persen atau Rp 15 juta khusus untuk katering.

Sebagai gambaran, jika kamu mengundang 200-300 tamu undangan, cari catering yang menawarkan paket sekitar Rp 20.000-30.000/pax seperti di Berkah Catering.

Kualitas katering bukan dari jumlah atau jenisnya tapi yang terpenting rasanya. Lebih baik pilih sedikit menu tapi rasanya terjamin enak, daripada beragam tapi dengan rasa biasa aja.

Untuk memangkas biaya tempat pernikahan, kamu juga bisa memilih venue yang menyediakan paket dengan catering, hiburan, MC, bahkan kue pengantin sekaligus.

3. Busana dan tata rias

Busana pengantin hanya akan kamu pakai sekali seumur hidup, jadi pangkas biaya dengan menyewa aja. Pilih sanggar atau tempat penyewaan baju pengantin yang terjangkau dengan estimasi biaya maksimal Rp 5 juta meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai, 4 seragam orangtua, rias pengantin, rias orang tua dan keluarga, dan seragam saudara.

4. Undangan dan suvenir

Sebagus apa pun undangan pernikahan, tak jarang akan berakhir di tempat sampah. Biar gak sayang dan makin hemat, kamu bisa membuat undangan berbasis digital melalui layanan situs perencana seperti wedivite, evite,dan lainnya. Dengan begini, biaya undanganmu jadi nol rupiah.

Kalaupun ingin tetap membuat undangan fisik, kamu bisa membuat sendiri diengan aplikasi editing yang praktis seperti Canvas.

Buat suvenirnya, selain lebih hemat akan lebih bermakna jika kamu buat secara homemade.

Gak perlu keluar banyak bujet buat dokumentasi. Batasi anggaran maksimal Rp 5 juta untuk biaya ini. Jika rajin mencari kamu akan menemukan banyak jasa dengan tarif di bawah itu.

Alokasikan anggaran sekitar Rp 2 juta untuk undangan dan suvenir.

5. Biaya KUA atau berkas lainnya

Kalau gak mau mengeluarkan sepeser pun untuk KUA, menikahlah langsung di KUA pada hari kerja. Sementara untuk biaya KUA di hari libur sekitar Rp 600.000.

Alokasikan maksimal Rp 1 juta buat biaya KUA, pengurusan berkas-berkas pernikahan, sekaligus biaya transportasi selama mengurus.

6. Dokumentasi

Nah, kalau punya teman yang punya hobi fotografi kamu bisa manfaatkan jasanya dengan tarif yang lebih terjangkau. Dengan begini, acara pernikahanmu dapat sekaligus menambah portofolionya.

7. Hiburan

Jasa penyanyi pernikahan biasa sekitar Rp 1-2 juta belum termasuk biaya latihan, busana, dan alat musik. Untuk itu, sediakan bujet maksimal Rp 3 juta.

Jika mau biaya nikah sederhana lebih hemat lagi, kamu bisa mengundang teman atau keluarga untuk menyanyi sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk biaya alat musik atau organ tunggal. Cara ini juga bisa menambah keseruan acara pernikahanmu.

8. Biaya tak terduga

Dari total anggaran di atas, kamu masih punya sisa Rp 4 juta untuk biaya tak terduga. Biaya tak terduga dalam pernikahan meliputi biaya konsumsi panitia, transportasi, dan biaya jamuan tamu atau keluarga besar di rumah.

Daftar anggaran di atas bisa menjadi sangat fleksibel tergantung kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu ingin membuat pesta yang lebih privat dan hanya mengundang sedikit tamu, biaya katering bisa kamu pangkas dan alokasikan ke hal lain atau bisa kamu upgrade dengan menu yang lebih spesial.

Biar tetap sesuai bujet, buatlah rencana anggaran biaya nikah sederhana sedetail mungkin dan patuhi rencanamu. Pahami hal apa yang ingin kamu tonjolkan dalam pernikahanmu sehingga dapat mengefisienkan biaya lebih mantap lagi.

Itulah beberapa tips bagaimana cara yang tepat untuk mengalokasikan anggaran pernikahan kalian semaksimal mungkin. Jika masih bingung, gak usah khawatir, karena berkah group memiliki paket pernikahan murah di Jakarta yang bisa kalian gunakan untuk resepsi pernikahan kalian. Hanya dengan harga mulai dari 40 jutaan saja kalian bisa mendapatkan paket pernikahan lengkap dengan cateringnya.

Selain area Jakarta berkah catering juga menangani catering di Bogor, catering di Tangerang dan juga jasa catering lainnya seperti catering harian di Jakarta.