PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Ide Bisnis Pernikahan , yang Bisa Kalian Lakukan

WhatsApp Image 2019-10-04 at 00.43.54 (1)

Pernikahan adalah momen spesial yang sangat sakral dan mempunyai banyak makna. Acara spesial seperti pernikahan tentu sangat dinantikan oleh setiap insan yang ingin mengarungi bahtera rumah tangga. Lewat pernikahan pula, orang dapat memiliki istri (bagi pria) atau suami (bagi wanita) yang sah dan berkesempatan untuk meneruskan keturunan serta membina keluarga yang bahagia sakinah mawadah warrahmah.

Ada banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk segera menikah. Jika kamu sudah memiliki calon pasangan hidup yang cocok dan bisa memahami satu sama lain, maka, tak perlu menunda-nunda lagi, sudah sebaiknya pernikahan secepatnya dilaksanakan. Pastinya, untuk menyelenggarakan pernikahan banyak hal yang harus dipersiapkan terutama mas kawin seperti cincin dari calon pengantin pria untuk mempelai wanita.

Pernikahan melalui beberapa tahapan, yang paling utama adalah ijab kabul atau akad nikah. Akad nikah menghadirkan beberapa saksi, orang tua atau wali, baik dari pihak calon mempelai pria maupun wanita serta tokoh agama yang telah ditunjuk. Setelah pernikahan dinyatakan sah oleh para saksi, maka kedua calon pengantin sudah resmi menjadi suami isteri.

Semua rangkaian prosesi pernikahan itu mungkin saja membuat para calon pengantin merasa deg-degan karena mereka ingin segala sesuatunya berlangsung dengan sempurna dan lancar. Untuk itu, para calon mempelai pria maupun wanita harus mempersiapkan diri secara lahir dan batin.

Tentu saja, pernikahan adalah momen yang amat membahagiakan. Sebagai ungkapan rasa syukur, pihak keluarga pengantin umumnya menyelenggarakan pesta pernikahan atau disebut juga dengan walimatul ursy. Meski, pesta pernikahan bukanlah sesuatu hal yang wajib dilaksanakan. Berikut ini, adalah bisnis menjanjikan untuk acara pernikahan yang dapat mendapatkan banyak keuntungan

Ide-ide Bisnis untuk Acara Pernikahan

    • Fotografi & Video ShootingMomen istimewa seperti pernikahan tentu sangat disayangkan apabila tidak diabadikan. Oleh karena itu, peristiwa yang tak boleh dilupakan ini perlu didokumentasikan dalam bentuk foto atapun video. Bidang usaha ini cocok buat mereka yang hobi memotret atau merekam video. Baik foto maupun video, keduanya bisa saling melengkapi satu sama lain.

      So, kamu yang menyukai seni visual tentu bisa menjadikan bisnis fotografi atau video shooting sebagai ladang penghasilan. Berbagai macam paket fotografi yang bisa ditawarkan misalnya foto pre-wedding, foto pernikahan hingga foto pasca pernikahan. Peralatan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini, yaitu kamera profesional, lighting, reflector maupun perlengkapan pendukung lainnya.

    • Tata Rias/Rambut PengantinMerias wajah biasa dilakukan untuk pengantin pria mapun wanita beserta anggota keluarganya yang menjadi penyambut tamu, alias pagar ayu dan pagar bagus. Untuk menghasilkan riasan wajah yang maksimal, maka jasa tata rias wajah atau tata rias rambut sangat diperlukan. Makeup artist (MUA) profesional pastinya mengetahui bagaimana teknik merias wajah pengantin dengan benar. Selain peralatan tata rias seperti produk-produk kosmetik/makeup, perias wajah juga harus memahami bagaimana keinginan klien.

      Selain tata rias wajah, ada pula tata rias rambut untuk keperluan acara penikahan yang biasa disebut juga dengan bridal hair. Proses tata rias rambut ini menjadi tugas utama hairstylist yang sering juga ditemui di salon-salon kecantikan. Umumnya, tata rias rambut ini ditujukan kepada para wanita yang ingin terlihat cantik dan menawan pada saat acara pernikahan. Dan, siapapun yang menjadi tamu undangan bisa menjadi calon konsumen yang potensial.

    • Busana PengantinBusanan pengantin ada banyak model dan variasinya. Misalnya untuk masyarakat Jawa sering menggunakan pakaian tradisional atau adat Jawa berupa kebaya. Pakaian adat Jawa itu ada terbagi menjadi berbagai macam, yang paling populer yaitu pakaian adat Yogyakarta dan Solo. Selain itu, ada beragam pakaian adat pernikahan dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

      Jika harus membeli busana pengantin, maka biaya yang harus dikeluarkan akan sangat banyak. Oleh karena itu, kita bisa menemukan banyak usaha yang menawarkan jasa sewa busana pengantin daerah maupun pakaian pernikahan modern yang bergaya kebarat-baratan.

    • Wedding OrganizerMenyelenggarakan pernikahan sudah pasti membutuhkan berbagai macam perencanaan yang terbilang merepotkan. Perencanaan pernikahan yang harus dilakukan misalnya memilih gedung pertemuan, menyewa fotografer, mencari makeup artist, menyewa busana pengantin, catering, dan lainnya yang bisa saja membuat orang yang punya hajatan pusing tujuh keliling. Hadinya jasa wedding organizer tentu dapat mengatasi segala kerepotan tersebut.

      Dengan menyewa wedding organizer, penyelenggara pernikahan hanya tinggal duduk manis dan memantau perkembangan dengan paket pernikahan Jakarta yang telah mereka pilih. Meski demikian, komunikasi yang baik antara klien dengan wedding organizer perlu dilakukan. Hal itu agar perosesi pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan si klien.

    • Desain dan Cetak UndanganUndangan pernikahan adalah media utama yang sangat penting dalam mendukung terlaksananya acara perkawinan. Dengan undangan pula, para tamu bisa hadir untuk bertemu dengan pengantin bersama para keluarga tercintanya. Saat ini, bentuk undangan pun ada berbagai macam bentuk dan variasi yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

      Membuat undangan yang bagus dan elegan sering dilakukan oleh desainer grafis yang bekerjag di percetakan atau creative studio. Desainer grafis yang sudah berpengalaman tentu memahami betul bagaimana mendesain undangan yang disukai klien. Selain dari segi desain, hal lain yang patut menjadi pertimbangan yaitu bahan atau kertas yang digunakan, proses finishing serta berapa banyak jumlah eksemplar yang akan dicetak. Semua itu turut mempengaruhi harga undangan per satuannya.

    • SeserahanSeserahan merupakan warisan nenek moyang dan sudah menjadi tradisi dalam prosesi pernikahan di Indonesia. Makna simbolis yang terkandung dalam seserahan yaitu komitmen dari pihak mempelai pria kepada pengantin wanita untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Biasanya, seserahan dilaksanakan pada malam hari sebelum akad nikah dilaksanakan.

      Praktik seserahan itu sendiri dilakukan dengan memberikan berbagai macam perlengkapan misalnya alat-alat sholat yang menjadi simbol bahwa agama Islam menjadi pegangan utamanya. Selain itu, ada pula berbagai macam perhiasan, perlengkapan tata rias (makeup), makanan tradisional, buah-buahan, dan sebagainya. Beragam peralatan seserahan yang sangat bervariasi tersebut merupakan peluang bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan.

    • DekorasiKarena pernikahan perlu dirayakan dengan suasana penuh dengan kegembiraan, maka suasana di ruangan atau tempat penikahan perlu didekorasi dengan baik. Selain terlihat lebih meriah, dekorasi memberikan efek yang positif dan tamu yang datang ke acara pesta dapat ikut merasakan kebahagiaan. Bagian-bagian yang perlu didekorasi terutama adalah panggung atau tempat pelaminan, meja makan, langit-langit, serta tak ketinggalan bagian depan ruangan/gedung.
    • Sewa Peralatan Acara PernikahanAcara pernikahan pastinya membutuhkan banyak peralatan seperti misalnya meja, kursi, tenda, sound system dan sejenisnya. Nah, jasa sewa peralatan acara pernikahan ini memiliki prospek yang bagus karena setiap minggu bahkan hari ada acara pernikahan yang memerlukan berbagai macam perlengkapan pendukung tersebut.
    • CateringCatering adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan di rumah dengan peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, mangkok, gelas, dan lainnya. Selain itu, untuk menghidangkan makanan, peralatan yang diperlukan misalnya soup tureen, punch bowl, dan chafing dish atau pemanas. Ada pula perlengkapan lainnya seperti taplak meja, tisu, hingga tempat untuk es krim.

      Segala perlengkapan itu memang membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Namun, dengan melihat banyaknya permintaan yang membutuhkan jasa catering pernikahan di Jakarta, maka bisnis ini tetap memiliki peluang keberhasilan yang cukup tinggi. Agar orderan lancar terus, maka pemilik bisnis catering perlu bekerja sama dengan pihak wedding organizer ataupun hotel serta melakukan berbagai macam promosi.

    • Hotel dan Gedung PertemuanDi manakah acara penikahan akan dilangsungkan? Pertanyaan ini sudah lumrah bagi pihak yang akan menyelenggarakan pernikahan. Pernikahan dapat dilaksanakan di berbagai tempat dan yang paling umum adalah gedung pertemuan. Selain gedung pertemuan yang berdiri sendiri, tak jarang pula gedung pertemuan atau hall yang banyak ditemukan di hotel-hotel. Pengelola hotel sengaja membuat gedung pertemuan untuk disewakan kepada masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan.

      Hadirnya para tamu undangan acara penikahan juga menjadi peluang tersendiri bagi pihak pengelola hotel atau tempat penginapan. Apalagi jika ada tamu undangan dari luar kota yang memerlukan tempat penginapan untuk bermalam atau beristirahat. Selain di hotel, gedung pertemuan juga dapat ditemukan di sekolah, gedung perkantoran bahkan masjid atau tempat peribadatan lainnya.

 

Nah, beragam bisnis acara pernikahan mana yang paling cocok buat kamu? Sebelum terjun menekuni bisnis acara pernikahan, sudah sebaiknya, kamu mempertimbangkan untung ruginya. Tujuannya, agar bisnis acara pernilkahan yang akan dijalankan nantinya dapat langgeng.

Semoga tips dari berkah catering ini dapat membantu menghadapi kesulitan pernikahan kalian, catering surabaya yang sukses di bidang pernikahan ini saat ini tidak hanya menangani catering pernikahan saja, tetapi juga sudah menangani paket pernikahan secara keseluruhan di JABODETABEK. Selain itu jasa catering lainnya juga sudah di jalankan seperti catering di Tangerang dan catering di Bogor.