PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

PT Berkah Catering Nusantara, Mengubah Pola Pesan Catering Pernikahan Menjadi Online

72767743_455391155098751_2018755916853832426_n

PT Berkah Catering Nusantara (Berkah Catering) adalah perusahaan yang bergerak melalui bisnis katering (jasa boga) dan jasa pernikahan. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2014 di Kota Surabaya ini mengawali usahanya dengan berbisnis nasi kotak. Sukses dengan bisnis nasi kotak, Irwan Hernawan, CEO PT Berkah Catering Nusantara, mengembangkan usahanya dibidang katering prasmanan dan katering harian.

Pesatnya perkembangan teknologi digital memiliki berkah sendiri bagi usaha Irwan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, bisnisnya semakin berkembang. Bahkan, saat ini, ia mampu membuka beberapa cabang perusahaan dengan berbagai jenis usaha di kota lain, bahkan sampai ke ibukota Jakarta.

Awal berdiri pada Oktober 2014, Irwan Hernawan telah memanfaatkan media sosial dalam menjajakan nasi kotaknya. Saat itu, Ia hanya menerima pesanan dari konsumen yang tinggal di daerah Sidoarjo dan Surabaya.

Ternyata strateginya berhasil. Pada pertengahan 2015, bisnisnya mampu berkembang dengan menambah usaha berupa jasa kateringan prasmanan dan melayani acara-acara pernikahan. Masih di tahun yang sama, pelanggannya makin banyak. Tidak hanya dari Sidoarjo dan Surabaya, tetapi juga dari wilayah Jawa Timur lainnya, seperti Gresik, Madura dan Mojokerto. Menurut Irwan, harga murah dan pelayanan yang profesional sehingga usaha Berkah Catering sangat terterima di area pemasarannya.

Di awal tahun 2016, karena semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa Berkah Catering, Irwan memberanikan diri untuk memperluas usahanya dengan mendirikan dapur cabang di Kota Gresik, Mojokerto dan Malang. Berkah Catering masih tetap mengandalkan pemasaran secara online.

Berkah Catering juga menggunakan teknologi SEO (Search Engine Optimization) untuk mempermudah calon pelanggan menemukan produk-produk yang ditawarkan. Teknologi ini mulai dipakai sejak tahun 2017. Di tahun ini pula, Berkah Catering merubah status badan usahanya dari perusahan perorangan menjadi perseroan terbatas (PT). PT Berkah Catering Nusantara dikukuhkan melalui Notaris Santi Kamayani dengan akta Nomor 02 tanggal 19 September 2017 dan disahkan melalui surat keputusan Menteri Hukum dan HAM dengan Nomor AHU-0117458.AH.01.11 tahun 2017 tanggal 20 September 2017. Kemudian pada tanggal 30 Juli 2018, PT Berkah Catering Nusantara mendapatkan pengesahan TDUP Khusus Jasa Boga dengan Nomor: 503/5/438.5.15/2018.

Setahun kemudian, tepatnya di tahun 2018, PT Berkah Catering Nusantara juga meluncurkan jasa wedding organizer dengan konsep paket pernikahan lengkap beserta gedung dan katering didalamnya. Harganya pun sangat terjangkau. Usaha ini dikelola melalui anak perusahaan,yakni Berkah Enterprise. Jasa Berkah Enterprise juga melayani pelanggan di kota-kota yang sebelumnya telah dirintis Berkah Catering.

PT Berkah Catering Nusantara semakin melancarkan strategi pemasaran online-nya dengan meluncurkan aplikasi android berbasis e-commerce agar memudahkan pelanggan memesan jasa Berkah Catering.

Hampir lima tahun menjalankan usaha dengan promosi melalui media sosial dan aplikasi berbasis online, tahun 2019 merupakan tahun gemilang bagi PT Berkah Catering Nusantara. Irwan Hernawan sukses menembus pasar ibu kota negara, Jakarta. Ia berhasil mendirikan kantor cabang di Jakarta dan dapur bisnis di Kota Depok dan Bekasi untuk melayani area JABODETABEK. Dalam catatan PT Berkah Catering Nusantara kurun waktu kurang dari 5 tahun, telah lebih dari 2000 iven pernikahan yang dikerjakan. Capaian ini tentunya tak lepas dari profesional kerja perusahaan sehingga terbangunnya kepercayaan publik.

Hal yang membanggakan di tahun 2019 ini melalui berbagai usaha yang telah dirintis, PT Berkah Catering Nusantara menetapkan beberapa unit bisnisnya tergabung dalam Berkah Group Management. Kantor management dibangun di Cakung, Jakarta Timur.

Tenaga kerja berkah catering juga bertambah dari awal hanya 3-5 orang menjadi lebih dari 100 orang saat ini. area pemasaran secara online dan layanannya dan mendirikan beberapa dapur cabang di Kota JawaTimur lainnya seperti

Strategi Pemasaran

PT Berkah Catering Nusantara memanfaatkan strategi pemasaran online yang dikembangkan melalui teknologi SEO (Search Engine Optimization) dan platform sosial media seperti Facebook, Youtube dan Instagram. Bahkan diakui Irwan Hernawan, CEO PT Berkah Catering Nusantara, masyarakat lebih banyak mengenal Berkah Catering dari dunia maya. Di klaimnya bahwa 90 persen pemesanan yang didapatkan selama ini baik pemesanan catering atau paket pernikahan di Jakarta, didapatkannya melalui pelanggan yang menemukan Berkah Catering dari dunia Maya.

Peka akan perkembangan teknologi online membuat pemasaran Berkah Catering selangkah lebih unggul dibandingkan jasa catering dan pernikahan lainnya. Menurut pemilik tunggal PT Berkah Catering Nusantara tersebut, akan mati atau tidak berkembang suatu bisnis apapun saat ini jika tidak membuka mata dan mengembangkan pemasarannya ke dunia online dan sosial media. Dikatakannya, bahwa sebagian besar masyarakat saat ini mencari penyedia jasa atau barang apapun yang diinginkan melalui mesin pencarian secara online, semisal google, facebook, youtube dan instagram.

Segmentasi Pasar

Berkah Catering Nusantara membentuk segmentasi pasar dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini di segmen kelas menengah ke bawah. Diakui bahwa harga paket catering dan paket pernikahan yang dimiliki dan ditawarkan oleh Berkah Catering adalah yang termurah di kelasnya. Dengan strategi pemasaran online yang dimiliki dan ditambah keunggulan harga dari paket yang ditawarkan, membuat PT Berkah Catering Nusatara semakin yakin dapat lebih berkembang dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Menurut CEO PT Berkah Catering Nusantara bahwa Kota Surabaya dan Jakarta merupakan target pasar yang bagus untuk memulai pengembagan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kedua Kota Besar di Pulau Jawa tersebut merupakan kiblat bisnis yang dituju oleh hampir semua pengusaha saat ini. Sedangkan pengembangan bisnis dari Berkah Catering di Kota ini merupakan awal dari misi PT Berkah Catering Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya di seluruh Nusantara.

Berkembangnnya perusahaan pelayanan jasa ini beriringan dengan meluasnya cabang yang dimilikinya. Hal tersebut membuat Berkah Catering Nusantara sendiri dapat melayani beragam area, yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Jakarta Pusat, dan Madura.

Berkah Catering Nusantara sendiri memberi banyak pilihan dalam pelayanan cateringnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer.

  1. Catering Wedding di Jakarta dan JATIM

Pilihan catering ini memiliki 13 jenis paket yang bisa dipesan oleh calon customer.

  • Paket Tradisional, yang terdiri dari
  • Paket 1 (28.000/pax)
  • Paket 2 (30.000/pax)
  • Paket 3 (32.000/pax)
    • Paket Rakyat, yang terdiri dari:
  • Rakyat (20.000/pax)
  • Legislatif (26.000/pax)
  • Eksekutif (28.000/pax)
    • Paket Modern, yang terdiri dari:
  • Standart (23.000/pax)
  • Silver (29.000/pax)
  • Gold (33.000 /pax)
  • Platinum (35. 000/pax)
    • Premium, yang terdiri dari:
  • Premium (31.000/pax)
  • Deluxe (35.000/pax)
  • Suprime (45.000/pax)

Dalam satu paketnya sendiri terdapat berbagai macam olahan yang tersedia, seperti olahan soup, olahan tumisan, olahan ayam, olahan daging, olahan ikan, olahan seafood, olahan mie, aneka es buah, jus dan gubukan yang terdiri dari 32 jenis gubukan yang  bisa dipilih. Sehingga customer dapat menyesuaikan budget dan juga keinginan dalam suguhan acara yang akan berlangsung

  1. Catering Harian di Jakarta dan Surabaya 

Catering harian yakni sama dengan yang ada di atas, akan tetapi bisa juga   digunakan dalam kegiatan harian seperti pertemuan komunitas, acare reuni, dan  lain sebagainya.

  1. Coffe Break

Coffe break memiliki puluhan macam snack/camilan yang bisa dipilih. Paket coffe

break memiliki 3 macam paket yang bisa dipilih, yaitu:

  • Paket I (25.000/pax)
  • Paket II (30.000/pax)
  • Paket III (35.000/pax)
  1. Nasi Kotak di Surabaya

Paket  Nasi kotak terdiri dari 8 paket yang bisa dipilih dengan pilihan isi yang bermacam-macam sesuai kebutuhan, yakni:

  • Standart (15.000/pax)
  • Bronze (17.000/pax)
  • Silver (19.000/pax)
  • Gold (22.000/pax)
  • Sapphire (25.000/pax)
  • Nasi kuning paket I (18.000/pax)
  • Nasi kuning paket II (25.000/pax)

Selain itu juga ada menu paket tumpeng yang berbeda menurut ukurannya, yakni posi kecil seharga Rp. 450.000 (porsi 15 orang) dan porsi besar Rp. 750.000 (porsi 30 orang).

  1. Lunch Box

Paket lunch box memiliki harga yang beragam relative dengan harganya, yakni:

Paket lengkap :

  • (1) orang 28.000/makan
  • (2-3) orang Rp.25.000/makan
  • (4-10) orang Rp.22.000/makan
  • >25 orang Rp. 18.000/makan

Paket Hemat:

  • (1) orang 26.000/makan
  • (2-3) orang Rp.23.000/makan
  • (4-10) orang Rp.20.000/makan
  • (10-24) orang Rp.17.000/makan
  • >25 orang Rp . 15.000/makan

Dengan beragam pilihan catering yang diberikan perusahaan ini para customer tidak perlu ragu akan kualitas dari Berkah Catering Nusantara sendiri, karena walaupun dengan harga yang terjangkau, rasa dari tiap olahan makanan yang disajikan juga terjamin. Selain itu pelayanan yang professional dan amanah akan customer temui dalam pelayanan Berkah Catering Nusantara ini.

Namun, seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa Berkah Catering Nusantara ini tidak hanya melayani di bidang catering di Bogor dan catering di Tangerang saja melainkan juga melayani sebagai wedding organizer. Jasa wedding organizer yang akan membantu para calon pengantin mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pernikahan milik Berkah Group ini, memiliki nama Berkah Enterprise.

Sama dengan pelayanan Berkah Catering yang memberi banyak customer pilihan paket sesuai budget dan keinginan mereka dalam hal suguhan makanan, Berkah Enterprise menawarkan sangat banyak pilihan paket yang memudahkan para calon pengantin yang hendak melaksanakan momen indah mereka, yakni pernikahan.

  1. Shofa Marwah Package
    • Shofa (Paket Pernikahan Rumah) Rp.30.000.000,00-
    • Marwah (Paket Pernikahan Gedung) Rp.40.000.000,00-
  2. Modern Class Package
    • Paket Rumah
  3. Hemat Rp.25.000.000,00-
  4. Meriah Rp.40.000.000,00-
  5. Mewah Rp.65.000.000,00-
    • Paket Gedung
  6. Economy Rp.45.000.000,00-
  7. Middle Rp.60.000.000,00-
  8. Glamour Rp.80.000.000,00-
  9. Hotel Package
  10. Berkah Country Rp.50.000.000,00- (2020)
  11. Berkah Crown Rp.95.000.000,00- (2020)
  12. Program Cicilan
  13. Paket Jadi Manten Gedung Rp.33.000.000,00-
  14. Paket Jadi Manten Rumah Rp.29.000.000,00-

Selain paket di atas, masih banyak lagi paket yang disediakan oleh Berkah Enterprise sesuai dengan tiap area dari acara pernikahan, seperti paket, Malang, Paket Jabodetabek, dll. Dalam tiap paketnya Berkah Enterprise sudah menyediakan mulai dari Gedung/Terop, Dekorasi, Rias Busana, Catering, Fotogrefer, MC, Electone, dan masih banyak lagi. Sehingga para calon pengantin tidak perlu pusing dan bisa memilih paket yang sesuai dengan budget dan keinginan mereka.