PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Informasi Penentuan Awal Puasa 2019 (1 ramadhan 1440 H) : Persiapan Menu Sahur dan Buka Puasa di Surabaya

 

Picture

 

Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan seluruh umat muslim di penjuru dunia (tanpa terkecuali) . Hal ini sesuai dengan perintah Al-Qurán dan junjungan besar Nabi Muhammad SAW. Dalam menentukan awal mulai puasa di bulan ramadhan tentunya kita harus memiliki patokan, di Indonesia sendiri sebagian besar berpendapan pada Majelis NU dan Muhammadiyah . Dilansir dari halaman surat kabar Tribunnews.com antara NU dan Muhammadiyah diprediksi akan menetapkan secara serentak jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1440 H yang merupakan awal mulai puasa di tahun 2019.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 2019 atau 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Selain awal Ramadan, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 5 Juni2019 M. Keputusan tersebut dikeluarkan PP Muhammadiyah melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hisab Ramadhan, Syawwal dan Zulhijjah 1440 Hijriah. Hal ini juga telah kami croschek di laman situs resmi PP Muhammadiyah di www.muhammadiyah.or.id.

Menurut prediksi dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mengenai prediksi jatuhnya 1 Ramadhan 1440 H melalui Kepala LAPAN yang dilansir dari akun instagram @lapan_ri Thomas Djamaluddin memprediksi, awal bulan puasa Ramadan dari semua kriteria yang berlaku di Indonesia, semua menunjukkan, pada saat Magrib, hari Minggu (5/3/2019) posisi bulan telah memenuhi kriteria.

Kriteria tersebut adalah Wujudul Hilal yang digunakan Muhammadiyah; ketinggian bulan dua derajat yang digunakan NU; kriteria internasional (kriteria Odeh); dan usulan Rekomendasi Jakarta 2017 (yang kriterianya sudah digunakan Persis). "Artinya, secara hisab ditentukan awal Ramadan 1440 jatuh pada 6 Mei 2019," kata Thomas Djamaluddin yang juga anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag), dilansir Tribunnews.com.

Meskipun demikian walau bedasarkan prediksi dari PP Muhammadiyah dan LAPAN, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama (KEMENAG) belum memutuskan secara resmi kapan dimulainya awal puasa 2019 (1 ramadhan 1440 H). Pemerintah tidak mengacu pada ketetapan yang telah dikeluarkan sejumlah organisasi Islam. Kemenag akan menggelar Sidang Isbat awal Ramadan 1440 Hijriah pada Minggu, 5 Mei 2019 besok di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta, dilansir laman resmi Kemenag, Jumat (26/4/2019). Amin mengatakan, Sidang Isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali pemaparan dari Tim Falakiyah Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H. Adapun proses Sidang Itsbat dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1440 Hijriah akan dimusyawarahkan dalam Sidang Isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440 Hijriah," ujar Amin.

"Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," sambungnya.

Meskipun belum secara jelas di paparkan tentang keputusan Pemerintah melalui Departemen Agama (KEMENAG) tentang penentuan awal puasa 2019 atau 1 ramadhan 1440 H, tentunya kita umat islam di seluruh Indonesia sudah memiliki gambaran kapan akan dimulainya awal puasa 2019. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita melakukan persiapan-persiapan khusus untuk menghadapi bulan puasa tiba

Permasalahan yang Dihadapi Ketika Sahur dan Buka Puasa

Picture

 

Menjelang bulan puasa tiba, tentunya ada beberapa hal yang harus di persiapkan, karena jangan sampai kita mulai mempersiapkan ketika puasa sudah tiba. Biasanya ada beberapa permasalahan umum yang dihadapi ketika bulan puasa tiba, diantaranya adalah :

  • ​Di bulan puasa biasanya harga bahan-bahan pokok akan mengalami kenaikan, hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan akan bahan pokok  selama bulan puasa. Oleh karena itu kalian bisa mengantisipasinya dengan melakukan penyetokan bahan pokok untuk kebutuhan sahur dan buka puasa kalian.
  • Sulitnya mencari makanan saat sahur tiba. Untuk kalian yang memiliki masalah ini nanti sudah sewajarnya kalian mulai mencari catering sahur untuk antisipasi saat waktu sahur nanti
  • Sulitnya mencari tempat untuk buka puasa bersama. Mulailah agendakan buka puasa bersama kalian dari sekarang, karena jika kalian mulai mencari dalam waktu dekat atau terlebih pada hari H tentunya akan sulit untuk mencari tempat berbuka puasa bersama yang tepat dan murah.
  • Atur waktu pola tidur. Biasanya permasalahan ini sering dihadapi bagi kalian yang sering begadang atau tidur larut malam, sehingga tidak sempat untuk sahur. Mulai sekarang perbaikilah jam tidur Anda sehingga nanti sahur tidak telat.
  • Menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Bagi sebagian orang yang melakukan sahur dan buka puasa bersama dengan keluarga tentunya harus dari sekarang menyusun menu sahur dan buka puasa kalian. Karena tentunya hal ini berkaitan dengan point 1 ketika kalian akan menyetok bahan pokok.

Itulah beberapa permasalahan dan solusi yang mungkin bisa dilakukan selama bulan puasa. Untuk kalian yang berada di daerah Surabaya Sidoarjo dan sekitarnya, untuk puasa tahun ini kalian tidak perlu khawatir. Karena kami PT. Berkah Catering nusantara jasa catering di Surabaya sudah mempersiapkan paketan khusus selama bulan puasa tahun 2019 ini. diantaranya adalah paket sahur surabaya dan paket buka puasa di Surabaya . Untuk kalian yang hendak melakukan buka puasa diluar, kali ini kami juga meluncurkan paket terbaru yakni paket buka puasa bersama di Hotel Surabaya Sidoarjo , dimana dalam paketan tersebut sudah lengkap aneka makanan buka puasa bersama takjilnya dan fasilitasnya di Hotel Delta Sinar Mayang Sidoarjo. Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

Paket Sahur dan Buka Puasa Surabaya Sidoarjo

Picture

Paket Sahur dan Buka Puasa - Berkah Catering

Kalian yang berada di wilayah surabaya sidoarjo dan sekitarnya, kali ini tidak perlu bingung untuk mencari catering sahur di Surabaya, karena kami melalui unit bisnis Berkah Daily Meal (Catering Harian) selama bulan ramadhan tahun 2019 ini mengeluarkan paket makan sahur dan buka puasa langganan untuk setiap harinya, sehingga kalian tidak perlu pusing untuk memikirkan menu makanan sahur dan buka puasa selama bulan ramadhan. Menu ini di desain secara sehat dan mengenyangkan untuk berpuasa, dan untuk menu buka puasa kalian akan dilengkapi dengan takjil buka puasa.

Berkah Daily Meal RAMADHAN ini tidak membatasi pemesanan, artinya untuk 1 pemesan pun asalkan wilayahnya tercover oleh kami pasti kami antar, dan juga jika kalian yang hanya membutuhkan paket makan sahur atau hanya paket buka puasanya pun sangatlah bisa, jadi tidak terpatok kalian harus memesan paket catering sahur dan buka puasa di Surabaya . Untuk daftar harga dan menu lengkap bisa di lihat diatas, kami menggunakan sistem pre order dimana kalian minim langganan 5 hari dalam 1 minggu dan jika kalian ingin ikut lagi kedepannya bisa daftar PO selanjutnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai paket sahur ini kalian bisa langsung hubungi admin kami di nomor 0811-3169-666 (call/wa).

Paket Buka Puasa Bersama Surabaya Sidoarjo

Picture

Paket Buka Puasa Bersama - Berkah Catering
Selain paket sahur dan buka puasa harian ramadan, PT. Berkah Catering Nusantara juga mengeluarkan paketan khusus buka puasa berssama untuk keperluan bukber kalian. Untuk kalian yang punya agenda bukber bersama keluarga, teman dan saudara sejawat paket bukber surabaya ini sangatlah cocok untuk dijadikan alternatif pilihan. Kami memiliki paket buka puasa bersama surabaya mulai dari harga Rp 20.000 per paxnya samapai dengan R 35.000 per pax
Kemudian juga terdapat banyak carian menu buka puasa lengkap dengan takjilnya. Tidak hanya itu saja dalam paket buka puasa bersama di Surabaya ini juga tersedia menu paket BUKBER Nusantara Spesial Ramadhan dari berbagai daerah dengan makanan khasnnya. Untuk informasi detail mengenai paketan buka puasa bersama ini bisa dilihat di artikel paket bukber surabaya 2019 . Informasi lebih lanjut kalian bisa hubungi ​admin kami di nomor 0811-3169-666 (call/wa).

Paket Buka Puasa Hotel di Surabaya Sidoarjo

Picture

Paket Bukber Hotel - Berkah Catering

Untuk kalian yang lebih memilih buka puasa di luar, kami juga melengkapi paket buka puasa bersama ini dengan paket bukber Hotel Surabaya Sidoarjo . Paketan dapat secara lengkap kalian dapatkan lengkap dengan venue di Hotel Delta Sinar Mayang Sidoarjo. Dalam paketan bukber hotel ini terdapat dua tempat yang dipersiapkan yakni di area resto hotel dan di ballroom hotel delta sinar mayang Sidoarjo. Paketan ini terbilang cukup ekonomis, mulai dari harga Rp 50.000 per pax kalian bisa mendapatkan secara lengkap makanan beserta fasilitas meja, kursi makan dan pelayanan dari berkah catering.

Tidak hanya itu saja, paket bukber ini juga dilengkapi dengan bonus dekorasi photobooth dan juga live musik dari kami. Untuk informasi pemesanan lebih lanjut mengenai paket buka puasa hotel di Surabaya ini kalian bisa langsung hubungi kami di nomor 0811-3169-666 (call/wa).

 

 

Itulah beragam paket buka puasa dan sahur yang bisa kalian pesan dari kami spesial di bulan ramadhan tahun ini . Kami Berkah Catering hadir untuk menghadapi permasalahan catering sahur dan buka puasa bersama kalian. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk menentukan paket ramadhan surabaya yang akan kalian pilih, sehingga kapanpun awal ramadhan itu diputuskan kita sudah siap menghadapinya dengan ceria dan semoga kita semua mendapatkan berkah selama bulan ramadhan 1440 H ini. Akhir kata, kami segenap kru dan management dari PT. Berkah Catering Nusantara menguncapkan selamat menjalani ibadah puasa untuk seluruh umat muslim di penjuru dunia dan terkhusus Indonesia.

Salam,
​Berkah Catering