PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Menjalankan Resepsi Pernikahan Dengan Tema Syar’i Di Bulan Terbaik Menurut Islam

WhatsApp Image 2019-04-21 at 18.21.00

Secara kebahasaan, nikah bermakna “berkumpul”. Sedangkan menurut istilah syari’at, definisi nikah menurut Syekh Zakaria Al-Anshari dalam kitab Fathul Wahab yaitu “Kitab Nikah. Nikah secara bahasa bermakna ‘berkumpul’ atau ‘bersetubuh’, dan secara syariat bermakna akad yang menyimpan makna diperbolehkannya bersetubuh dengan menggunakan lafadz nikah atau sejenisnya’

Hal utama yang harus direncanakan dalam persiapan pernikahan adalah bulan baik untuk menikah menurut islam. Banyak para orang tua yang mencari waktu terbaik saat anaknya ingin menikah. Dengan harapan semua acara berjalan lancar dan hal baik nantinya akan terjadi di kehidupan setelah menikah.

Sebagai seorang muslim, mencari bulan baik untuk menikah juga menjadi hal yang sangat penting. Alasannya karena pernikahan adalah acara yang sakral. Sehingga banyak orang ingin menghindari terjadi nya hal buruk yang tidak diinginkan. Sebagai muslim yang taat biasanya akan melaksanakan hadist untuk menentukan bulan baik pernikahan yang diharapkan akan membawa kebaikan untuk calon pasangan dan keuarga besar.

Soal pernikahan, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada umat Islam untuk menggelar resepsi atau walimatul ursy. Acara ini adalah pesta mengumumkan sekaligus merayakan sebuah pernikahan. Pelaksanaannya yaitu usai akad nikah, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Bisa dilangsungkan begitu selesai akad nikah atau beberapa hari sesudahnya.

Sebetulnya, semua hari tidak memiliki larangan untuk menikah selama tidak melanggar dari syariat, kecuali jika terdapat dalilnya. Tapi, untuk permasalahan bulan terbaik dalam melangsungkan pernikahan yang bisa dipertimbangkan adalah Bulan Syawal. Selain buulan Syawal, bulan Ramadhan juga disebutkan sebagai bulan baik untuk melagsungkan pernikahan.

Sangat tidak disarankan untuk meyakini sesuatu yang berhubungan dengan ramalan. Karena, takdir juga nasib seseorang tidak berkaitan dengan bulan jodoh, tanggal nikah, waton dan lain sebagainya. Rassulullah SAW bersabda jika siapapun yang datang kepada peramal dan bertanya tentang hal yang berhubungan dengan masa depan seperti nasib, jodoh, tanggal pernikahan, bulan baik, dan lain sebagainya, maka sholat orang tersebut tidak akan diterima selama 40 hari.

Aisyah sendiri juga menyarankan para wanita untuk melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal. Supaya nantinya tidak serupa dengan masyarakat jahiliyah. Dan akad nikah hendaknya dilangsungkan pada hari jum’at karena hari jum’at adalah hari yang lebiih istimewa dibandigkan hari lainnya.

Untuk hukum resepsi pernikahan, para ulama sepakat menghukumi resepsi pernikahan sebagai amalan sunnah muakad. Dasarnya adalah hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas Bin Malik RA.
“Rasulullah SAW belum pernah mengadakan walimah untuk istri-istrinya, seperti beliau mengadakan walimah untuk Zainab, beliau mengadakan walimah untuknya dengan seekor kambing”

Dalam hadist lain riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda,
“Sesungguhnya untuk pesta perkawinan harus ada walimahnya”
Dua Hadist diatas menunjukan resepsi nikah merupakan bagian dari sunnah Rasul. Tetapi, pelaksanaannya sangat dianjurkan semampunya. Islam tidak menekankan resepsi dijalankan secara mewah. Bahkan resepsi dibolehkan untuk tidak dilaksanakan.

Sehingga, pengantin dan keluargannya tidak perlu repot jika memang kondisinnya tidak memungkinkan menggelar resepsi. Cukup semampunnya, jangan bermewah-mewahan, apalagi sampai dengan berutang. Untuk tamu, pengantin dianjurkan mengundang tetangga, terutama yang dekat dari rumah tinggal.

Sebelum acara tersebut selesai atau bubar, hendaknya semua yang hadir di acara walimatul ursy tersebut mendoakan kepada kedua mempelai dengan berdoa, “Barokallahu laka wabarroka’alaika wajama’a baynakuma fii khair,” (Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan kepada apa-apa yang diberikan-Nya kepadamu, serta semoga Allah menghimpun kalian berdua di dalam kebaikan)

Untuk kalian di wilayah surabaya sidoarjo yang sedang mencari wedding organizer syari atau paket pernikahan surabaya syari kalian bisa menghubungi kami Berkah Enterprise yang merupakan salah satu unit bisnis dari berkah group di 085704043445 / 08113211445 . Kami menyediakan banyak paket pernikahan surabaya murah dengan harga mulai dari Rp 22.500.000 sudah termasuk catering

Terima Kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini dan telah mengunjungi website kami. Kami berharap, anda terus mengunjungi website kami dan membaca artikel-artikel lainya dari kami untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi seputar Wedding Organizer Surabaya dan lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu. Kami dari ‘Berkah Enterprise’ akan selalu memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan kami.