PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Pemasaran Memiliki Peranan yang Sangat Penting Bagi Wedding Organizer

Pernikahan merupakan bentuk  hubungan  antara dua manusia  yaitu lelaki dan wanita yang  paling sakral  dan utama. Sehingga setiap pasangan niscaya akan melakukan persiapan yang total untuk menghadapi pernikahan. Selain itu pernikahan merupakan suatu moment yang paling spesial dalam kehidupan seseorang, karena dilakukan hanya sekali seumur hidup. Sehingga hal tersebut membuat pasangan melakukan persiapan penikahan dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi pernikahan. Adapun persiapan itu yaitu kelengkapan terselenggaranya sebuah pernikahan.

Namun seringkali persiapan pernikahan membuat para calon pasangan pengantin kebingungan dan bahkan menyulitkan, karena minimnya informasi yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan resepsi pernikahan. Belum lagi kesibukan keduanya juga menjadi salah satu penyebab minimnya waktu untuk melakukan persiapan pernikahan, jadwal yang begitu padat membuat calon pasangan pengantin mau tidak mau harus membagi pikiran antara pekerjaan dan memfikirkan persiapan pernikahan. Tentunya hal tersebut makin mempersulit keadaan sehingga berdampak pada persiapan pernikahan yang tidak maksimal dan hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan demikian munculnya Wedding Organizer yang dinilai sangat membantu bagi calon pasangan pengantin di era saat ini. Wedding Organizer merupakan penyedia jasa yaitu sebagai Wedding Planner yang berfungsi membantu calon pasangan pengantin untuk mewujudkan impian pernikahan bagi calon pasangan pengantin.

Untuk itu Wedding Organizer Surabaya hadir sebagai solusi yang bagi calon pasangan yang mau melasungkan pernikahan. Wedding Organizer Surabaya merupakan Wedding Organizer yang sudah memiliki nama dan cukup terkenal di Surabaya-Sidoarjo dan daerah sekitarnya. Wedding Organizer Surabaya menawarkan berbagai paket pernikahan yang dapat dipilih bagi calon pasangan pengantin diantaranya:

  1. Gaun pengantin

Gaun pengantin termasuk pada golongan busana yang ekslusif dengan memiliki berbagai model tentunya mewah dan istimewa. Selain itu biasanya gaun pengantin memiliki unsur kebudayaan, perwujudannya tidak lepas dari rangkaian pesan yang disampaikan lewat lambang-lambang yang dikenal dengan tradisi masyarakat.

Gaun pengantin digunakan ketika acara pernikahan merupakan salah satu komponen yang penting dalam pernikahan. Gaun pengantin merupakan busana khusus yang dipakai dalam acara resepsi pernikahan, sehingga calon pasangan pengantin dapat menarik perhatian yang hadir di acara pernikahan.

Gaun pengantin tidak  hanya  sekedar  menarik  perhatian  orang dalam upacara pernikahan, namun juga dapat  menciptakansuasana  resmi  dan  hikmat, sehingga perwujudannya tidak hanya mewah dan   meriah, lambang yang diungkapkan  merupakan  cerminan  dari  corak  kebudayaan dalam arti nilai–nilai pada masyarakat.

  1. Makeup untuk pengantin

Makeup merupakan suatu hal yang wajib untuk calon pasangan pengantin. Makeup menjadi salah satu alternatif utama yang dapat membedakan antara calon pengantin dengan para tamu undangan,  Untuk itu karena itu diperlukan penata  rias  yang tidak hanya  mampu  membuat calon pengantin semakin cantik dan membuat aura kecantikannya keluar.

  1. Dekorasi

Dekorasi pelaminan dalam acara resepsi pernikahan menjadi salah satu hal yang penting serta tidak boleh sampai terlewatkan. Untuk itu dekorasi pelaminan harus dibuat seindah dan semenarik mungkin, karena tempat pelaminan akan menjadi pusat perhatian bagi paru utama undangan yang hadir di acara pernikahan. Adapun biasanya faktor yang menjadi latar belajang seseorang dalam menentukan dekorasi pelaminan salah satunya adalah dengan melihat asal daerah atau kegemeran calon pengantin.

  1. Catering

Di suatu pesta pernikahan tanpa adanya sajian makanan tanpalah lengkap. Untuk itu dibutuhkan jasa catering di acara pernikahan, hal ini karenakan jasa catering dinilai sangat praktis.

  1. dll

Kebutuhan lain-lain yang dibutuhkan oleh calon pesangan pengantin yaitu seperti souvernir, gedung, tenda/terop, sewa peralatan catering, dan transportasi jasa angkut.

Wedding Organizer merupakan sebuah bisnis yang menyediakan jasa pelayanan yang membantu calon pengantin dalam perencanaan dan pelaksanaan acara pernikahan. Bisnis jasa Wedding Organizer (Wedding planner) atau penyelenggara acara pernikahan merupakan sebuah bisnis baru di abad 21.  Bisnis Jasa Wedding Organizer mulai tumbuh menjadi sebuah lahan industri bisnis yang meluas baik itu perkotaan besar maupun kota-kota kecil. Wedding Organizer (WO) merupakan bagian dari event Organizer (EO) Peluang bisnis (WO) berbanding positif dengan masa pernikahan dalam kehidupan. Bisnis Wedding Organizer menjadi bisnis yang menjajikan, karena setiap orang mempunyai keinginan untuk menyelenggarakan pernikahan yang indah juga berkesan.

Namun seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, maka hal tersebut menimbulkan persaingan diantara berbagai jenis usaha yang begerak di bidang baik itu industri perdagangan maupun jasa termasuk Wedding Organizer. Untuk bersaing dan tumbuh dalam persaingan, Wedding Organizer harus menggunakan sistem pengukuran maupun manajemen yang diturunkan dari strategi dan kapabilitas yang dimiliki Wedding Organizer. Dalam menghadapi persaingan dibutuhkan suatu pengukuran kinerja, yang dapat menilai seluruh komponen kunci yang ada di perusahaan. Oleh karena itu salah satu upaya yang perlu diwujudkan dalam menghadapi kondisi tersebut yaitu pemasaran memiliki peranan yang sangat penting. Dengan demikian setiap perusahaan harus memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi dengan baik serta merealisasikan tujuan pemasaran, dengan tujuan agar mampu bertahan dan terhindari dari persaingan yang tidak sehat.

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, keunagan, maupun bidang lain. Selain itu juga tergantung pada kemampuan mereka untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Pemasaran adalah suatu tindakan yang dinamis dalam rangka memenuhi kebutuhan para konsumen yang selalu berubah-ubah. Pada prinsipnya pemasaran harus dapat menimbulkan kesan bagi para konsumen dan menimbulkan pemintaan yang efektif akan barang atau jasa tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang penting dalam pemasaran yaitu proses pertukaran atau pemindahan hak miliki untuk kebutuhan manusia.

Pemasaran menjadi bagian dari  manajeman perusahaan dan juga salah satu faktor yang sangat penting, karena pemasaran akan mempengaruhi secara  langsung terhadap kelancaran maupun  keberhasilan perusahaan dalam mencapai  tujuannya. Pada dasarnya pemasaran memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai kontribusi pada ekuitas merek dengan menempatkan merek pada memori dan membuat asosiasi yang kuat, dan unik akan merek tersebut, Untuk itu stategi pemasaran yang tepat diharapkan akan dapat membangun kepercayaan terhadap merek perusahaan, seperti hal nya pada bisnis supplier bahan baku.

Wedding Organizer merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, image merupakan segalanya untuk saat ini. Melalui pemasaran, konsumen mengetahui nama atau merek dari suatu perusahaan, serta dengan komunikasi pemasaran yang diharapkan dapat terjalin kerja sama yang baik.  Aktivitas pemasaran pada umumnya dapat berupa kebijakan di bidang produk (product), harga (pricing), promosi (promotion), distribusi (place) dan pelayanan (service).

Adapun strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Wedding Organizer adalah marketing mix atau penggabungan beberapa unsur pemasaran, yaitu sebagai berikut:

  1. Pelayanan

Pelayanan menjadi sebuah  kata  bagi  penyedia  jasa  yang  harus  dikerjakan  dengan  baik,  oleh  karena  itu  dalam  suatu  perusahaan  harus  memiliki  strategi  yang  khusus  untuk  mengelola jasa dengan baik. Pelayanan yang diberikan haruslah memiliki kualitas yang tinggi, agar tetap mampu bersaing dengan pesaingnya.Kualitas   pelayanan merupakan suatu fenomena yang unik, sebab dimensi  dan  indikatornya dapat berbeda diantara orang-orang  yang  terlibat  dalam pelayanan. Untuk itu pelayanan harus diperhatijan, karena akan meningkatkan kepercayaan kedua belah pihak sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik.

  1. Harga

Harga merupakan sejumlah uang yang dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk atau pelayanan. Penetapan harga yang sesuai akan berpengaruh pada jumlah client dan dalam mencapai keuntungan secara maksimal. Pada perkembangannya saat ini pandangan perusahaan tentang harga dengan tujuan untuk digunakan mempengaruhi konsumen. Untuk itu perusahaan harus menetapkan harga yang seragam di semua tempat.

  1. Promosi

Promosi dapat membantu perusahan dalam menanggulangi persaingan diantara perusahan-perusahan lain. Kegiatan promosi dapat pula membantu perusahaan dalam memperkenalkan produk atau jasa nya serta memasarkannya, karena pada dasarnya promosi bersifat membujuk. Promosi dengan sendirinya memegang peranan yang sangat penting bagi setiap bisnis. Dengan memilih media promosi yang efektif dan efisien akan dapat memiliki pengaruh pada bisnis tersebut.

Untuk itu dalam merencanakan pemasaran yang efektif, hal yang sangat penting adalah kenal dan mengerti para pesaingnya. Suatu Wedding Organizer harus membandingkan secara teratur pelayanan, harga, saluran dan promosi yang dimiliki para pesaing. Dengan begitu dapat diidentifikasikan area keunggulan dan kelemahan kompetitif, sehingga Dalam merencanakan pemasaran yang efektif, hal yang sangat penting adalah kenal dan mengerti para pesaingnya. Suatu Wedding Organizer yang bersangkutan dapat menentukan serangan yang tepat bagi pesaingnya dan mempersiapkan pertahanan yang lebih kuat untuk menghadapi serangan dari para pesaingnya.