PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Informasi Persiapan dan Anggaran Lamaran Sebelum ke Pernikahan

Picture
 
Mungkin kalian dan pasangan sedang memikirkan untuk menyelenggarakan acara lamaran sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan? Di tradisi tertentu acara lamaran menjadi rangkaian dari momen pesta pernikahan yang berlangsung menjadi satu kesatuan. Tujuannya adalah untuk mengenalkan kedua mempelai ke keluarga besar kedua pihak dan juga mempertemukan dua keluarga di satu acara. Kesemuanya adalah untuk memberi restu bagi kedua calon pengantin dan mendoakan mereka agar rangkaian acara pesta pernikahan mereka dapat berjalan lancar.

Namun sebelum mempersiapkan acara lamaran tersebut, Anda berdua tentunya harus memikirkan apa-apa saja yang harus dipersiapkan dan berapa budgetnya. Semuanya tergantung di mana Anda berdua akan melangsungkannya dan berapa banyak tamu yang akan diundang. Tentunya semuanya harus memenuhi syarat protokol kesehatan di masa pandemic sekarang ini. 

Apa sajakah biaya atau budget yang harus dikeluarkan jelang prosesi lamaran? Sebelum kalian merencanakan budget untuk memilih paket pernikahan Jakarta, di bawah ini telah kami sajikan hal apa saja yang masuk ke dalam biaya lamaran. Bagi kamu yang sedang mempersiapkannya, langsung saja di lihat!

1. Hantaran

Isi dari hantaran sendiri dapat berupa perlengkapan dan kebutuhan wanita. Contohnya seperti sepatu, tas dan peralatan make up. Tak jarang ada juga yang membawa hantaran berupa makanan atau jajanan. Kamu pun dapat memberikan perlengkapan ibadah baginya.

Dalam mendapatkannya, belilah barang tersebut secara terpisah. Lalu cobalah untuk mencari jasa menghias hantaran. Dengan begitu, hantaranmu akan terlihat sangat cantik saat prosesi lamaran tiba.

Untuk urusan biaya lamaran berupa hantaran, kembali lagi bahwa semua itu tergantung dari isi di dalam hantaran tersebut. Nominal yang ideal adalah bernilai 1-2 juta rupiah. Dengan angka tersebut, kamu bisa memberikan semua barang yang telah kami sebutkan di atas beserta jasa hiasnya.

2. Cincin tunangan

Biaya lamaran selanjutnya perlu kamu keluarkan untuk membeli  cincin tunangan. Barang ini menjadi penting karena terdapat prosesi tersendiri yaitu menyematkan cincin pada jari manis tangan kiri wanita. Cincin tersebut bisa menjadi bukti dan simbol bahwa kamu dan pasangan telah mengikat janji untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi.

Pembelian cincin tunangan sebaiknya tidak usah terlalu mahal. Cukup membeli cincin yang memiliki gram ringan dengan harga 500 ribu-1 juta rupiah. Barulah ketika hendak mempersiapkan pernikahan kamu dapat membeli cincin kawin yang memiliki harga lumayan. Sebab, cincin kawin itu akan terus tersemat di jari manis dan perlu pemilihan kandungan yang bagus agar tetap awet. Akan tetapi semua itu kembali lagi pada pribadi masing-masing orang.

3. Dekorasi

Mendekorasi rumah atau ruangan perlu untuk dilakukan saat hendak mengadakan prosesi lamaran. Biarkan acara spesialmu ini dihiasi dengan dekorasi yang tak biasa dan indah. Buatlah para keluarga takjub dengan tampilan ruangan yang berbeda dari biasanya. Jadinya hasil fotomu juga akan terlihat istimewa.

Biaya lamaran dalam mendekorasi ruangan berkisar antara 1-1,5 juta rupiah. Semua itu sudah termasuk meja, kursi, dekorasi bunga, backdrop, karpet dan lighting. Kamu dan pasangan sudah tidak perlu pusing lagi dalam membantu menyiapkan dekorasi. Kalian hanya perlu duduk dan melihat hasil dari kerja tim dekorasi. Rumah atau venue tersebut pastinya akan disulap menjadi tempat yang menakjubkan.

4. Katering

Prosesi lamaran tentunya diakhiri dengan acara makan-makan. Itu akan menyenangkan para tamu yang ikut ke dalam prosesi lamaran. Siapkan biaya lamaran dalam memesan jasa katering Jakarta untuk hidangan. Keperluan inilah yang paling banyak mengeluarkan bujet dibanding dengan lainnya. Biaya katering biasanya dihitung secara perorangan dengan minimal pemesanan.

Pertama-tama pastikan dahulu berapa jumlah dari tamu yang hadir. Biaya tersebut bergantung pula dari paket menu yang kamu dan pasangan pilih. Harga yang ideal berkisar antara 25 ribu-30 ribu per pax. Tinggal kalikan saja harga tersebut dengan jumlah tamu yang hadir. Dengan harga tersebut kamu telah mendapatkan hidangan mulai dari appetizer, soup, main course, dessert dan minuman.

5. Transportasi

Besarnya transportasi juga perlu diperhitungkan dalam biaya lamaran. Apalagi kalau kamu memiliki anggota keluarga yang banyak berasal dari luar kota. Kamu perlu berpikir untuk menyewa kendaraan tambahan berupa mobil agar mereka dapat dengan mudah hadir ke prosesi lamaranmu.

Untuk menyewa mobil carilah travel yang memperbolehkan lepas kunci atau tanpa driver. Jadinya biaya transportasi tersebut akan jauh lebih murah. Biasanya biaya sewa mobil berkisar antara 350-400 ribu rupiah untuk 24 jam dengan jumlah 6 tempat duduk dan belum termasuk bensin. Dengan biaya tersebut keluargamu yang datang dari luar kota juga dapat sekaligus berkeliling di dalam kota. Hitung-hitung kamu dan pasangan dapat menyenangkan keluarga jauhmu.

6. Fotografer & Videografer

Dalam mengabadikan momen lamaran tentunya kamu memerlukan bantuan seorang fotografer dan videografer. Mereka dapat memotret dan merekam segala kegiatan yang terjadi pada saat prosesi berlangsung. Mulai dari kedatangan sang pria, pemberian hantaran, sambutan, perkenalan, penyematan cincin, hingga penutupan semua itu dapat diabadikan lewat kamera sang fotografer dan videografer.

Biaya lamaran untuk menyewa fotografer dan videografer berkisar antara 1-2 juta rupiah. DVD yang berisi hasil foto dan video juga akan kamu dapatkan. Dengan harga tersebut kamu pun bisa mendapatkan hasil video yang telah di edit oleh pihak vendor dan disimpan pada sebuah DVD. Jadinya kalian akan dapat mengenang momen lamaran sampai sepanjang masa.

7. Make up and hair do

Di hari spesial ini seorang wanita harus tampil secara cantik agar terlihat berbeda dari biasanya. Untuk melakukannya, serahkan tugas tersebut kepada pihak make up artist dan hair stylist. Mereka memiliki kemampuan yang handal dalam membuat tampilanmu terlihat sempurna. Jika kamu mempunyai ide inspirasi tentang look make up dan gaya rambut segeralah untuk mengkomunikasikannya kepada mereka.

Dalam memakai jasa make up artist dan hair stylist kamu perlu mengeluarkan biaya lamaran mulai dari 2  juta rupiah. Biaya tersebut untuk merias tampilanmu serta kedua ibu. Untuk urusan tempat, tidak usah khawatir karena merekalah yang akan datang ke tempat acara lamaranmu. Kamu hanya perlu duduk dan menunggu hasil riasan wajahmu telah jadi.

8. Pakaian

Lanjut ke biaya lamaran yang berikutnya adalah pakaian. Sama seperti acara pernikahan, lamaran juga membutuhkan baju khusus. Bedanya, saat acara pernikahan mereka memakai gaun dan jas. Sedangkan saat acara lamaran, mereka menggunakan kebaya untuk sang wanita dan kemeja polos atau batik untuk sang pria. Kedua orang tua baik dari pihak pria maupun wanita pun menggunakan kebaya dan kemeja yang serasi.

Untuk kebaya, biasanya para wanita memilih untuk menyewanya. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar 2-2,5 juta rupiah untuk 3 setelan kebaya bagi pasangan wanita dan kedua ibu. Namun tak jarang ada pula yang lebih memilih untuk membuat baru dengan menjahitnya. Biaya yang dikeluarkan pastinya lebih mahal yaitu berkisar 1-1,5 juta rupiah untuk satu setelan baju termasuk bahan dan ongkos jahit.

Lain lagi dengan kemeja untuk pria yang lebih mudah dalam mencarinya. Kalian dapat mengunjungi pusat perbelanjaan untuk mencari batik yang memiliki motif senada. Biaya kemeja tersebut berkisar antara 1-1,5 juta rupiah untuk 3 setelan. Sang pria dapat menggunakan bawahan berupa celana kain berwarna hitam.

9. MC

Acara lamaran pasti membutuhkan keterlibatan seorang MC di dalamnya. Keberadaannya membuat susunan acara lebih jelas. Mereka yang akan memberitahu setiap prosesi demi prosesi dengan teratur. Biaya lamaran untuk menggunakan jasa MC di mulai dari harga 300 ribu rupiah. Harga tersebut tergantung dari jam terbang para MC sendiri.

Jika ingin lebih hemat bujet, cobalah untuk meminta bantuan teman. Carilah teman dari kamu atau pasangan yang memang berbakat untuk menjadi pembawa acara. Pastikan bahwa mereka mengerti tentang susunan acara tersebut.
 

 
Kesembilan kategori itulah yang perlu kamu keluarkan sebagai biaya lamaran. Buat juga susunan acara lamaran jauh-jauh hari agar berjalan dengan lancar. Bagi kamu dan pasangan yang tidak melangsungkan acara lamaran di rumah, biaya tersebut juga akan keluar untuk menyewa venue. Tempat yang dipilih biasanya adalah sebuah restoran. Untuk kasus ini, kamu tidak perlu memesan jasa katering. Sebab biaya restoran tersebut sudah termasuk paket hidangan makan dan minum.

Bagi kalian yang sudah meelakukan sesi lamaran ini, dan sedang memikirkan langkah selanjutnya untuk pernikahan, mungkin saat ini tepat untuk kalian memilih paket akad nikah Jakarta untuk mempersiapkan pernikahan kalian. Ingatlah, pernikahan tidak harus selalu bermewah-mewah, cukup dengan akad nikah saja kalian sudah sah kok. :)