PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

Tips Memilih Venue Pernikahan Outdoor saat Pandemi

Picture
 
Semenjak adanya pandemi Covid-19, ada banyak kegiatan sosial yang terdampak karena pandemi ini, seperti acara pernikahan. Tentu saja acara pernikahan terkena dampak pandemi, karena semenjak ada pandemi, pemerintah melarang masyarakat untuk berkerumun dan membatasi aktivitas di luar rumah, untuk memutus rantai penyebaran virus.

Padahal pernikahan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu banyak pasangan. Agar tetap bisa merayakan pernikahan di masa pandemi ini. Dalam acara pernikahan, biasanya keluarga pasangan akan melakukan proses upacara pernikahan yang sakral, yang dilakukan menurut agama atau adat.

Upacara atau tata acara yang sakral ini, lebih baik dilakukan dalam venue yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Mempelai dapat melakukan proses upacara ini di gereja, masjid atau di rumah saja.

Lalu proses upacara sakral ini, lebih baik dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh keluarga dari kedua pihak, untuk menghindari kerumunan. Bagi tamu undangan yang ingin menyaksikan proses upacara sakral ini, dapat menyaksikannya melalui live streaming.

Tips Memilih Venue Resepsi

Pesta pernikahan atau resepsi adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Biasanya mempelai akan mengundang keluarga besar, sahabat, teman waktu sekolah, teman kuliah hingga rekan kerja.

Namun karena adanya pandemi ini, usahakan untuk memilih venue pernikahan di luar ruangan. Pernikahan dengan venue outdoor ini, memiliki resiko penularan virus yang lebih kecil.

Tetapi jika milih venue yang berada di dalam ruangan, usahakan untuk memilih ruangan yang memiliki banyak ventilasi atau jendela, dengan menggunakan kipas angin untuk membawa udara di dalam ruangan keluar dan berganti udara.

Tips Pelaksanaan Pesta Pernikahan

Selain memilih venue yang aman saat merayakan pesta pernikahan, ada beberapa protokol kesehatan dan himbauan pemerintah, yang harus dituruti saat melakukan pesta pernikahan di masa pandemi.

Usahakan untuk mengundang tamu undangan seminimal mungkin. Kemudian pernikahan diadakan tidak lebih dari 1,5 jam, atau diberikan jeda dengan melakukan 2 kali sesi pesta pernikahan.

Tips Memilih Venue Pernikahan Outdoor

Merancang pernikahan berkonsep outdoor menjadi impian bagi sebagian pasangan pengantin. Apalagi ada banyak konsep pernikahan yang akan lebih pas jika diselenggarakan di luar ruangan atau outdoor party. Namun, dalam memilih venue pernikahan outdoor, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh calon pengantin. Berikut disajikan ulasannya untuk kalian yang sedang galau menentukan venue pernikahan outdoor.

Pastikan Sesuai dengan Konsep Pernikahan Kalian
Pemilihan venue outdoor untuk resepsi pernikahan haruslah sesuai dengan konsep pernikahan yang kalian rancang. Venue ini sangat cocok dan mendukung bagi konsep pernikahan rustic maupun bohemian. Kosep garden party juga sangat pas jika dilaksanakan di luar ruangan. Namun, ada beberapa konsep dan tema pernikahan yang rasanya kurang pas dengan lokasi yang berada diluar ruangan, seperti pernikahan adat, atau pernikahan bergaya industrial wedding. Karenanya, dalam hal pemilihan venue, perlu menyesuaikan konsep yang kalian usung dalam pernikahan.

Perhatikan Waktu Pelaksanaan Pernikahan
Memilih waktu pernikahan perlu dicermati dalam melaksanakan pernikahan di luar ruangan. Jangan sampai kalian memilih konsep outdoor wedding di musim hujan lho. Hal tersebut akan sangat membuat was-was kalian dan penyelenggara pernikahan.

Waktu pelaksanaan juga terkait dengan pada pukul berapa pernikahan dilangsungkan. Konsep outdoor garden party akan cocok jika dilangsungkan pada pagi, sore, atau malam hari. Namun jika pernikahan dilaksanakan di waktu siang, rasanya akan kurang membuat nyaman tamu undangan dan pengantin, mengingat di siang hari cuaca akan sangat terik, dan dikhawatirkan tamu undangan akan terpapar sinar matahari langsung.

Pernikahan outdoor umumnya cocok dilaksanakan di sore atau malam hari. Karenanya, pilihlah konsep pernikahan yang pas untuk digelar di malam hari. Pun juga dalam hal dekorasi, gaun pernikahan, dan hal-hal lainnya akan menyesuaikan dengan waktu dan lokasi yang dipilih.

Tentukan Lokasi Spesifik Pernikahan Outdoor Kalian
Venue bagi pernikahan outdoor sangat beragam. Karenanya, kalian perlu menentukan lokasi spesifik yang sesuai dengan konsep pernikahan. Jika ingin menghadirkan suasana lapang, pilihlah lokasi di area terbuka dengan nuansa hijau rerumputan dan pemandangan langsung menuju alam. Namun, jika ingin menyelenggarakan garden party, area outdoor yang tidak terlalu luas atau lokasi di pinggir kolam renang akan menambah semarak pernikahanmu. Selain itu, pernikahan intimate di Bali umumnya menjual venue langsung menghadap pantai yang tentunya akan menghadirkan nuansa pantai yang menyenangkan dengan hadirnya sunset dan angin laut pada pernikahan kalian.

Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan oleh Pengelola
Memperhatikan fasilitas lokasi juga penting sebagai pertimbangan, lho. Cek fasilitas apa yang akan kalian dapat dengan menyewa area tersebut sebagai lokasi pernikahanmu. Apakah area parkiranya memadai? Bagaimana dengan fasilitas lainnya seperti toilet, mushala apabila waktu pernikahanmu melewati waktu shalat, dan akses menuju lokasi. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang bisa disediakan pihak pengelola venue, misalnya apakah menyediakan genset jika terjadi pemadaman listrik. Ataukah sekalian menyediakan meja dan kursi tamu. Dan apabila kalian menggunakan fasilitas tersebut apakah sudah sepaket dengan harga yang ditawarkan atau perlu merogoh kocek tambahan.

Melihat Paket Pernikahan yang Ditawarkan Vendor
Biasanya jika kalian memilih vendor pernikahan tertentu, akan ditawarkan paket pernikahan yang lengkap dengan lokasi yang bisa kalian pilih. Apabila paket tersebut cocok dan lokasinya dirasa tepat, sebaiknya kalian mengambil sekalian paket pernikahan oleh vendor rekanan tersebut. Karena dengan memilih paket pernikahan, tentu akan menghemat budget kalian karena biasanya akan ada potongan harga khusus.
 

 
Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memesan venue pernikahan. Semoga penjelasan di atas bisa membuatmu lepas dari kebingungan saat ingin memesan venue untuk acara pernikahanmu. Jika kalian masih bingung, kalian bisa memilih paket pernikahan lengkap di Jakarta yang ditawarkan oleh Berkah Group, karena paket pernikahan ini lengkap dengan venue dan catering pernikahan Jakarta yang bisa kalian sesuaikan dengan budget kalian.