PT. Berkah Catering Nusantara :
Catering Surabaya - Berkah Catering | Wedding Organizer Surabaya - Berkah Enterprise | Jasa Angkut Barang Surabaya - Berkah Logistic | Sewa Peralatan Pesta Surabaya - Berkah Sarana Pesta

7 Tips Wujudkan Biaya Pernikahan 2019 Hemat Hingga di Bawah Rp50 Juta

new shofa marwah

Kira-kira harus mengeluarkan biaya berapa banyak ya untuk melaksanakan pernikahan di tahun 2019? Rp100 juta, Rp200 juta, atau Rp50 juta cukup tidak ya? Pertanyaan tersebut pasti terus menghantui para calon pengantin yang akan menikah di tahun ini.

Sebenarnya, biaya nikah tak selamanya menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah kok,. Ingat! Esensi pernikahan hanya terletak pada bagaimana proses ikatan suci tersebut diresmikan.

Perhelatan yang kamu buat dengan pasangan, bisa jadi tujuannya untuk membagikan kebahagiaan bukan memberikan efek hutang untuk kalian berdua, ya.

Biaya nikah 2019 saat ini cukup konsisten naiknya bisa hampir 5% dari harga tahun lalu. Agar kamu punya persiapan yang cukup matang untuk meinkah di tahun ini.

Berikut gambaran biaya nikah 2019 dilihat dari beberapa aspek pernikahan. Bujet nikah Rp50 juta bukan mimpi lagi!

1. Tempat dan Dekorasi

Pernah dengar ada temanmu yang menikah hanya di KUA saja? Itu beneran terjadi kok,Pernikahan yang dilangsungkan di KUA hanya memakan bujet sekitar Rp600 ribu.Selain itu mempelai wanita harus melengkapi persyaratannya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat berkas. Harga untuk tes kesehatan sebesar Rp100 ribu.

Apabila kamu ingin menikah di dalam gedung baik indoor ataupun outdoor kamu bisa mengalokasikan sekitar 30 persen untuk venue dan dekorasi pernikahan sekitar Rp15 juta.

Dekorasilah gedung atau tempat pernikahanmu seminimalis mungkin. Kamu bisa menggunakan konsep dekorasi pelaminan menggunakan kain tile atau jaring-jaring besi.

2. Atur Segala Hal Terkait Konsumsi

IMG-20190521-WA0061

Siapkan bujet yang cukup banyak untuk catering di Jakarta. Sukses tidak acaramu dinilai dari seberapa enak makanan yang tersedia. Misalkan, apabila undangan 300 berarti kamu tinggal siapkan budget untuk makan 600 tamu.

Minimal Rupiah sebesar 30-35 juta harus kamu siapkan untuk hal ini. Biaya ini sangat disesuaikan oleh lokasi, jenis makanan dan jumlah tamu. Jadi, biaya catering prasmanan Jakarta untuk 600 tamu kurang lebih bisa mencapai Rp18 juta. Jangan lupa biaya makan untuk akad nikah sebesar Rp2,5 juta.

Wajar saja, karena budget konsumsi dalam pernikahan merupakan anggaran yang paling besar yang harus kalian persiapkan. Oleh karena itu dengan melakukan survei lanjutan untuk catering pernikahan murah di Jakarta akan sangat membantu kamu dalam menekan budget pernikahan.

Selain itu mungkin juga kalian bisa mengambil alternatif lain dengan memilih catering di luar jakarta seperti catering di Bekasi atau catering di Tangerang juga bisa memungkinkan kalian untuk mendapatkan harga yang lumayan miring. Karena banyak jasa catering pernikahan di Bogor atau wilayah luar Jakarta yang juga melayani area Ibukota, sehingga tidak terbatas hanya berpatokan dengan catering di Jakarta saja.

3. Busana dan Biaya Makeup

Agar mempermudah kamu, carilah perias pengantin yang tidak jauh dari rumahmu atau teman kuliahmu. Estimasi biaya maksimal Rp5 juta meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai. Yaitu, 4 seragam orangtua, rias pengantin, rias orang tua dan keluarga, dan seragam saudara.

Sesuaikan pula baju pengantin dan penerima tamu dengan tema pernikahan, ya.

4. Undangan dan Souvenir Pernikahan

Apabila pasangan kamu memiliki bakat untuk mendesain undangan, buatlah desain sendiri. Maka kamu hanya perlu biaya cetak undangan. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pembuatan undangan online seperti, Canva.

Kemudian, untuk souvenir pernikahan kamu bisa membuat sendiri pernak-pernik dari bahan-bahan sederhana dan mudah dijangkau. Seperti, tanaman hias, lilin aromaterapi, kantung teh, dan masih banyak lagi.

Alokasikan setidaknya Rp2 juta untuk undangan dan souvenir pernikahanmu.

5. Biaya Nikah 2019 dilihat dari Dokumentasi

Dokumentasi pada pernikahanmu tidak perlu mengeluarkan bujet yang banyak. Batasi anggaran dokumentasi maksimal Rp5 juta. Kamu juga bisa menggunakan jasa adik kelasmu atau kerabat dekatmu.Tarifnya lebih terjangkau dan kamu bisa membantu mereka untuk menambah portofolionya.

6. Sediakan Biaya Tak Terduga

Sisa dari biaya-biaya diatas bisa kamu simpan untuk keadaan tak terduga. Walaupun sudah sesuai bujet, tetap kamu harus membuat rincian dan rencana anggara biaya nikah kamu sedetil mungkin.

Daftar ini akan membantu kamu sewaktu-waktu.

7. Memenuhi Persyaratan Nikah

Nah, bila ingin menikah dengan cara yang sederhana, kamu bisa melangsungkan pernikahan di KUA.

Berikut syarat pendaftaran dan prosedur pernikahan di KUA

Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan di KUA Kecamatan tempat akad dilaksanakan.
Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan paling lama 10 hari kerja, sebelum dilaksanakan perkawinan.
Kurang dari 10 hari kerja, calon pengantin harus mendapat surat dispensasi dari camat tempat akad dilaksanakan.
Kedua calon pengantin mengisi formulir pendaftaran.
Membawa surat pengantar perkawinan dari kelurahan tempat tinggal calon pengantin.
Membawa fotokopi akta kelahiran.
Membawa fotokopi KTP.
Membawa fotokopi kartu keluarga.
Membawa surat rekomendasi perkawinan dari KUA kecamatan setempat, bagi calon pengantin yang menikah di luar wilayah kecamatan tempat tinggalnya.
Persetujuan kedua calon pengantin.
Izin tertulis orangtua atau wali bagi calon pengantin yang belum mencapai usia 21 tahun.
Izin dari wali yang memelihara atau keluarga yang mempunyai hubungan darah, dalam hal kedua orangtua atau wali sebagaimana dimaksud di atas meninggal dunia atau dalam keadaaan tidak mampu.
Izin dari pengadilan, dalam hal orangtua, wali, dan pengampu tidak ada.
Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang belum mencapai umur 19 tahun dan bagi calon istri yang belum mencapai umur 16 tahun.
Surat izin dari atasan/kesatuan jika calon mempelai anggota TNI/Polri.
Perietapan izin poligami dari pengadilan agama bagi suami yang hendak beristri lebih dari seorang
Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.
Akta kematian atau surat keterangan kematian suami/istri dibuat oleh lurah/kepala desa atau pejabat setingkat bagi janda/duda ditinggal mati.

***

Bagaimana dengan biaya nikah?

Tenang, semua sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 dengan dalil berikut:

Nol rupiah bila menikah di balai nikah KUA kecamatan pada hari dan jam kerja.
Rp. 600 ribu bila menikah di luar balai nikah, bayar melalui bank persepsi atau kantor pos tertunjuk.

Ada Ga Vendor Pernikahan yang Menyediakan Paket Pernikahan Kurang dari 50 Juta ?

Jawabannya tentu saja ada, salah satunya adalah berkah group ! karena selain menyediakan paket catering pernikahan di Jakarta dan catering pernikahan di Tangerang serta JABODETABEK,  melalui unit bisnisnya yakni Berkah Enterprise, menyediakan paket pernikahan murah di Surabaya dan Jawa Timur. Lalu bisa ga dipakai di Jakarta ? Tenang, semua sudah diatur, karena berkah group kini sedang ekspansi besar-besaran selain untuk mempelopori catering murah di Jakarta, juga lengkap dengan paket pernikahannya.

Paket pernikahan yang dijual oleh berkah catering sangatlah terjangkau, mulai dari harga 45 juta include gedung dan juga catering sampai dengan harga 80 juta. Selain itu berkah catering juga memiliki paket pernikahan rumah lengkap dengan catering mulai harga 25 juta saja. Gimana? tertarik pakai jasa berkah group?? langsung aja yuk hubungi kami di 0811-3227766

Semoga bermanfaat,